5 Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Angka kasus positif virus corona COVID-19 secara lokal maupun global semakin naik dari hari ke hari. Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus corona COVID-19. Selain tindakan pencegahan itu, sistem kekebalan daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan untuk menghadapi pandemi ini, mulai dari mengkonsumsi multivitamin dan suplemen.

Selain mengkonsumsi multivitamin atau suplemen, Anda bisa juga loh mengkonsumsi 5 makanan di bawah ini untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terinfeksi COVID-19:

  1. Jahe
    Rempah yang satu ini dapat membantu mengurangi peradangan penyebab terjadinya sakit tenggorokan dan radang. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe terbukti bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan: mual, mengurangi nyeri kronis, dan memiliki sifat penurun kolesterol. Anda bisa mengkreasikannya menjadi berbagai olahan seperti wedang, permen, ginger cookies, ginger cupcake, ginger puding, dan lain sebagainya.
  2. Jeruk
    Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh karena bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci melawan infeksi. Agar tidak bosan, Anda bisa membuat olahan makanan seperti: salad, Mandarin orange cream cake, Mandarin orange cheese cake, dan lain sebagainya.
  3. Teh hijau
    Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan jenis antioksidan. Teh hijau juga sangat unggul pada tingkat epigallocatehin gaallate (EGCG) yang merupakan antioksidan kuat lainnya. Di kutip dari agritech.unhas.ac.id/kmdtpuh pada Jumat (2/7/2021) EGCG ini terbukti dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Berbagai kreasi makanan bisa dibuat dengan menggunakan teh hijau seperti Matcha cake dan Matcha castella.
  4. Almond
    Vitamin E termasuk antioksidan kuat sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh karena vitamin E akan larut dalam lemak, yang berarti membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Oleh karena itu, Almond merupakan makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Vitamin E karena mengandung vitamin E dan mengandung lemak sehat. Orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per hari. Untuk mencapai kecukupan vitamin E tersebut Anda bisa mengkonsumsi multivitamin atau olahan almond seperti: almond crispy, caramelize almond, kue kenari, almond raisin cookies, dan lain sebagainya.
  5. Kunyit
    Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Konsentrasi curcumin yang tinggi memberikan warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tak hanya itu, curcumin juga bisa menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh dan antivirus.

Itulah 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah virus corona COVID-19. Jika Anda menjalankan usaha makanan, maka Anda juga bisa menggunakan makanan tersebut untuk menciptakan kreasi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus COVID-19. Sebagai catatan, konsumsi multivitamin dan makanan sesuai batas aman tubuh, karena jika terlalu banyak akan menimbulkan efek samping. Jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah

Stay safe and healthy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s